Friday, December 16, 2011

Kontrol Sistem Tubuh



SISTEM SARAF

Bagaimana sel saraf bekerja untuk mempertahankan Homeostasis ?

Mis: NUTRISI
     Bahwa tubuh diberitahu setiap perubahan yang berlangsung di lingkungan eksternal maupun internal. Sehingga sel saraf harus bertanggung jawab untuk mampu mengolah informasi tersebut & mengirimkan pesan-pesan ke otot dan kelenjar untuk melakukan hasil yang diinginkan sel saraf berperan penting dalam komunikasi untuk mempertahankan kehidupan.

      Informasi sistem saraf dibawa sepanjang rangkaian neuron ke tujuan yang diinginkan melalui perambatan potensial aksi dan penyaluran melalui sinap.

SISTEM ENDOKRIN
      Berbagai kelenjar endokrin mensekresikan hormon untuk menimbulkan berbagai efek regulatorik diseluruh tubuh.

Fungsi : Mempengaruhi tempat-tempat yang jauh terutama untuk mengontrol aktifitas metabolik dan aktifitas lain yang memerlukan durasi dari pada kecepatan, mis : mempertahankan gula darah, konsentrasi oksigen, karbondioksida, elektrolit, dll.
       Bekerja tanpa kabel, zat perantara (massenger) kimia endokrin langsung kedalam darah dan mengalir ketempat sasaran  yang jauh.
       Pengikatan hormon dengan reseptornya di sel sasaran terjadi  melalui serangkaian reaksi yang berakhir dengan timbulnya efek hormon.

Prinsip kelenjar endokrin
       Selain merupakan pengontrol sistem saraf, otak juga salah satu kelenjar endokrin terpenting. Sel-sel saraf yang terspesialisasi, terutama pada hipotalamus, mensistesis hormon yang kemudian ditranspor sepanjang akson ke terminal saraf. Di terminal saraf, hormon kemudian dilepaskan ke dalam sistem darah portal yang akan membawanya ke kelenjar hipofisis. Dalam beberapa kasus, akson sel-sel  neuro endokrin berproyeksi ke sel hipofisis.


GOLONGAN HORMON

Protein & polipeptida: hormon-hormon yang disekresikan oleh kelenjar hipofise anterior/posterior, pankreas, paratiroid, dll.
Steroid oleh korteks adrenal:
    - kortisol dan aldosteron
      - ovarium (estrogen dan progesteron)
      - testis ( testosteron)
      - plasenta (estrogen dan progesteron)

Turunan Asam Amino Tiroxin : tiroxin, tri iodotironin medula adrenal ; epineprin dan norepineprin.

Untuk lebih jelas mengenai materi Kontrol Sistem Tubuh, Download file di bawah ini!!!!!!!!!!

2 comments: