Friday, December 16, 2011

Organ System Of Physiology


Tingkat Pengorganisasian di dalam tubuh

Tubuh manusia dibentuk oleh interaksi kumpulan sel sbg unit dasar struktural & fungsional
Setiap sel membentuk fungsi penting bg kelangsungan hidup, yaitu:
           @ ketersediaan O2 & nutrisi,
           @ ketersediaan energi,
           @ pembuangan zat sisa,
           @ berbagai sintesis yg dibutuhkan komponen sel,
           @ pertukaran antar kompartmen dgn lingkungan, dan
           @ reproduksi

Sel Tubuh Manusia
Sel tubuh manusia terorganisir yang sama  struktur & kekhususan kerjanya membentuk jaringan.
4 jaringan tubuh: epitel, penghubung, saraf, dan otot. Jaringan membentuk organ yang kemudian bergabung membentuk sistem organ. Beberapa sistem organ membentuk suatu organisme

Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup. Setiap Organisme di dunia ini tersusun atas sel-sel yang saling berintegrasi membentuk suatu fungsi tertentu dalam tubuh makhluk hidup. Baik organisme tingkat seluler (Uniseluler) maupun organisme Multiseluler.


Perkembangan teori tentang sel dimulai pada tahun 1839 sampai akhir abad XIX.

@ Schleiden dan T. Schwann. Sel sebagai unit struktural terkecil makhluk hidup setiap makhluk hidup disusun atas sel-sel,sehingga sel bagian terkecil makhluk hidup yang menyusun makhluk hidup.
@Max Schultze. Sel sebagai unit fungsional terkecil makhluk hidup sel adalah bagian terkecil dari makhluk hidup yang melakukan fungsi kehidupan,ini ditunjukkan dengan adanya metabolisme sel dan pengaturan sel oleh nukleus.
@Rudolf Virchow. Sel sebagai unit pertumbuhan terkecil makhluk hidup. Sel sebagai penyusun terkecil makhluk hidup selain menjalankan suatu fungsi kehidupan juga mengalami pertumbuhan, dapat mengalami perpanjangan ukuran maupun perbesaran volume sel.

Akhir abad XIX. Sel sebagai unit hereditas terkecil makhluk hidup sel memiliki struktur yang dinamakan dengan nukleus (inti sel), nukleus memiliki peranan sebagai pembawa materi genetik (tersimpan sebagai molekul DNA) yang memiliki sifat diwariskan ke generasi sel selanjutnya.


Jaringan

Kumpulan sel yang memiliki fungsi yang spesifik  yang ditambah dengan bahan ekstra sel dalam jumlah yang bervariasi. Tipe dasar dari jaringan pada tubuh manusia terdiri dari:
                  @ Jaringan epithel
                  @ Jaringan ikat
                  @ Jaringan otot
                  @ Jaringan syaraf
                  @ Darah

Organ

Kumpulan berbagai jaringan yang terorganisasi demikian rupa menjadi suatu bentuk dengan satu atau beberapa fungsi tertentu. Secara fungsional, jaringan yang membentuk organ dapat dibedakan;
               @ Jaringan parenchym: fungsional.
               @ Jaringan penunjangnya.


Sistem Urinary

Terdiri dari ginjal, ureter, urinary bladder, dan urethra. Mengeluarkan kelebihan garam, air dan elektrolit dan lain lain dari plasma melalui urine ditambah zat-zat sisa selain CO2 Menjaga keseimbangan pH di dalam darah


Untuk lebih lanjut dan lebih jelas mengenai materi tentang Organ System Of Physiologi, Download aja file di bawah ini!!!!!

0 komentar:

Post a Comment