Saturday, December 17, 2011

Transportasi Membran (Blok 2 Biomedik 1)


Pengangkutan pertikel yang terjadi antara  sel sel yang bersebelahan,baik dengan cara difusi melalui ruang ekstra sel ataupun melalui saluran saluran (gap junction) menghubungkan langsung dua sel yang besebelahan

Deskripsi:
      Bahwa sel harus memperoleh zat vital dari CES dan harus mengeluarkan zat sisa serta produk sekretorik ( mediator,enzym) ke CES kembali untuk  dieliminasikan.
      Transfortasi melintasi membrane antara CES /CIS sangat penting untuk kehidupan sel dan unsur  unsur pokok di CES harus dipertahankan.

TRANPORT AKTIF
           Transpor aktif adalah pergerakan atau pemindahan yang menggunakan energi untuk mengeluarkan dan memasukkan ion –ion dan molekul melalui membran sel yang bersifat permeabel dengan tujuan memelihara keseimbangan molekul kecil di dalam sel

Jenis-jenis fagositosis
         Fagositosis ("pemakanan seluler") merupakan proses di mana sel menelan suatu partikel dengan kaki semu (pseudopod) yang membalut di sekeliling partikel tersebut dan membungkusnya di dalam kantong berlapis-membran yang cukup besar untuk bisa digolongkan sebagai vakuola. partikel itu dicerna setelah vakuola bergabung dengan lisosom yang mengandung enzim hidrolitik.

         Pinositosis ("peminuman seluler") merupakan proses di mana sel "meneguk" tetesan fluida ekstraseluler dalam vesikula kecil. Karena salah satu atau seluruh zat terlarut yang larut dalam tetersan tersebut dimasukkan ke dalam sel, pinositosis tidak bersifat spesifik dalam substansi yang ditranspornya.

          Endositosis yang diperantrai reseptor membutuhkan reseptor yang disebut ligan


EKSOSITOSIS
            Eksositosis adalah mekanisme transpor molekul besar seperti protein dan polisakarida, melintasi membran plasma dari dalam ke luar sel (sekresi) dengan cara menggabungkan vesikula berisi molekul tersebut dengan membran plasma.


          Vesikel adalah sebuah ruang pada sel yang dikelilingi oleh membran sel. Ruang biasanya ditempati oleh sitoplasma yang terdiri dari organel dan sitosol


Untuk lebih jelas mengenai materi "Transportasi Membran (Blok 2 Biomedik 1)", Download filenya di bawah ini!!!!!

0 komentar:

Post a Comment